Senin, 04 Juni 2012

RPP FISIKA SMP Kelas VIII BAB Energi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah                                        : SMP NEGERI 3 BATU                

Mata Pelajaran                           : IPA                          

Kelas / Aspek                                : VIII / FISIKA

Semester / Tahun                          : GANJIL / 2012 – 2013
Pertemuan                                    : KE 1-2
Alokasi Waktu                              : 2 pertemuan (4 X 40 MENIT)
Standar Kompetensi
5.      Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kopetensi Dasar
5.3  Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1.      Menunjukkan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Mendeskrpsikan pengertian energi dari contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Mendeskripsikan pengertian energi mekanik.
5.      Membedakan konsep energi kinetik dan dan enrgi potensial gravitasi pada suatu benda yang bergerak.
6.      Mengenalkan hokum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari.
7.      Mendeskripsikan pengertian usaha.
8.      Menganalisis hubungan antara energi dan usaha.
9.      Mendeskripsikan pengertian daya beserta satuannya.
10.  Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari.   
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat           :
1.      Menunjukkan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Mendeskrpsikan pengertian energi dari contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Mendeskripsikan pengertian energi mekanik.
5.      Membedakan konsep energi kinetik dan dan enrgi potensial gravitasi pada suatu benda yang bergerak.
6.      Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari.
7.      Mendeskripsikan pengertian usaha.
8.      Menganalisis hubungan antara energi dan usaha.
9.      Mendeskripsikan pengertian daya beserta satuannya.
10.  Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari.   
B.     Materi Pembelajaran
Usaha dan energi
C.    Metode Pembelajaran
1.      Model        :
·         Cooperative Learning
2.      Metode      :
·         Eksperimen
·         Diskusi kelompok
·         Ceramah
D.    Langkah-Langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a.      Kegiatan Awal
·         Menyampaikan salam.
·         Menyampaikan acuan tentang materi yang akan dipelajari pada hari ini.
·         Memberikan motivasi dan apersepsi
-          Mengapa setelah melakukan sejumlah aktivitas tubuh kita terasa lemas?
-          Dapatkah manusia menciptakan energi?
b.      Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok kecil.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian energi.
·         Perwakilan setiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan energi.
·         Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perubahan energi.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil lampu listrik, setrika listrik, senter dan baterai, aki mobil, lampu bohlam 12 V, dan dua utas kabel.
·         Guru mempresentasikan langakah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati perunahan bentuk energi.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakuakan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik (dbimbing oleh guru) mendiskusikan hokum kekekalan energi.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hokum kekekalan energi.
·         Perwakilan peserta didik untuk menyebutkan bunyi hokum kekekalan energi.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan energi mekanik.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan energi potensial gravitasi dan energi kinetik.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan energi potensial dan energi kinetik suatu benda.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi potensial dan energi kinetik suatu benda.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan energi potensial dan energi kinetik suatu benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, maka guru dapat langsung atau melalui peserta didik lain untuk memberikan bimbingan.    
c.       Kegiatan penutup
·         Guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman tentang materi yang sudah dipelajari pada hari ini
·         Guru memberikan reward kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal agar peserta didik lebih menguasai dan memahami materi yang sudah dipelajari pada hari ini.
PERTEMUAN KEDUA
a.      Kegiatan Awal
·         Menyampaikan salam.
·         Menyampaikan acuan tentang materi yang akan dipelajari pada hari ini.
·         Membuat kaitan dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
·         Memberikan motivasi dan apersepsi
-          Apakah syarat energi mekanik suatu benda bernilai konstan?
-          Apakah lifter yang mengangkat beban tergolong malakukan usaha?
b.      Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok kecil.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hokum kekekalan energi mekanik.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hokum kekekalan energi mekanik.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan syarat energi mekanik suatu benda bernilai konstan.
·         Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan pengertian usaha.
·         Peserta didik memperhatikan cara menentukan rumusan usaha yang dilakukan suatu benda yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan kaitan usaha dan energi.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara usaha yang bernilai positif dan usaha yang bernilai negative.
·         Peserta didik mempresentasi hasil diskusi kelompok.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan usaha yang dilakukan oleh beberapa gaya yang disampaikan guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan usaha yang dilakukan oleh beberapa gaya untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung atau melalui peserta didik lain untuk memberikan bimbingan.
·         Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan pengertian daya.
·         Peserta didik memperhatikan cara menentukan rumusan daya yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan daya yang dilakukan suatu benda yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan daya yang dilakukan oleh beberapa gaya untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung atau melalui peserta didik lain untuk memberikan bimbingan
c.       Kegiatan penutup
·         Guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman tentang materi yang sudah dipelajari pada hari ini
·         Guru memberikan reward kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal agar peserta didik lebih menguasai dan memahami materi yang sudah dipelajari pada hari ini.
E.     Sumber belajar
a.       Buku IPA Fisika
b.      Buku referensi yang relevan
c.       Alat dan bahan untuk eksperimen
d.      Lingkungan
F.     Penilaian Hasil Belajar
a.       Teknik Penilaian:
-          Tes lisan
-          Tes tertulis
-          Tes untuk kerja
b.      Bentuk Instrumen:
-          Daftar pertanyaan
-          Pilihan gannda (PG)
-          Uraian
-          Isian
c.       Contoh Instrumen:
-          Contoh daftar pertanyaan
Sebutkan bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
-          Contoh tes pilihan ganda (PG)
Seorang atlet angkat berat menyangga beban seberat 700 N dengan tangannya pada ketinggian 2 m. Usaha yang dilakukan atlet itu adalah …


a.       1.400 J
b.      700 J
c.       350 J
d.      nol


-          Contoh tes isian
Energi yang tersimpan dalam benda karena posisinya terhadap acuan tertentu disebut …
-          Contoh tes uraian
Listrik yang terpasang pada sebuah rumah mempunyai daya 450 VA. Berapakah energi maksimal yang dapat digunakan oleh pemilik ruamah selama 1 jam?



Malang, ………………   2012
Mengetahui,
Kepala SMP                                                                                        Guru Fisika




Drs. Sholikhan, S.Si, M.Pd                                                     Muchamad Munir Cholis, S.Pd
NIP………………………                                                     NIP……………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar