RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP NEGERI 3 BATU
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Aspek : VIII / FISIKA
Semester
/ Tahun : GANJIL /
2012 – 2013
Pertemuan
: KE 1-2
Alokasi
Waktu :
2 pertemuan (4 X 40 MENIT)
Standar Kompetensi
5. Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kopetensi Dasar
5.3 Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan energi serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1. Menunjukkan
bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mendeskrpsikan
pengertian energi dari contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengaplikasikan
konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Mendeskripsikan
pengertian energi mekanik.
5. Membedakan
konsep energi kinetik dan dan enrgi potensial gravitasi pada suatu benda yang
bergerak.
6. Mengenalkan
hokum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari.
7. Mendeskripsikan
pengertian usaha.
8. Menganalisis
hubungan antara energi dan usaha.
9. Mendeskripsikan
pengertian daya beserta satuannya.
10. Menunjukkan
penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari.
A.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat :
1. Menunjukkan
bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mendeskrpsikan
pengertian energi dari contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengaplikasikan
konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Mendeskripsikan
pengertian energi mekanik.
5. Membedakan
konsep energi kinetik dan dan enrgi potensial gravitasi pada suatu benda yang
bergerak.
6. Mengenalkan
hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari.
7. Mendeskripsikan
pengertian usaha.
8. Menganalisis
hubungan antara energi dan usaha.
9. Mendeskripsikan
pengertian daya beserta satuannya.
10. Menunjukkan
penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Materi
Pembelajaran
Usaha
dan energi
C.
Metode
Pembelajaran
1. Model :
·
Cooperative Learning
2. Metode :
·
Eksperimen
·
Diskusi kelompok
·
Ceramah
D.
Langkah-Langkah
Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a.
Kegiatan
Awal
·
Menyampaikan salam.
·
Menyampaikan acuan tentang materi yang
akan dipelajari pada hari ini.
·
Memberikan motivasi dan apersepsi
-
Mengapa setelah melakukan sejumlah
aktivitas tubuh kita terasa lemas?
-
Dapatkah manusia menciptakan energi?
b.
Kegiatan
Inti
·
Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok kecil.
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian energi.
·
Perwakilan setiap kelompok diminta untuk
menyebutkan satuan energi.
·
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok.
·
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan perubahan energi.
·
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk mengambil lampu listrik, setrika listrik, senter dan baterai, aki mobil,
lampu bohlam 12 V, dan dua utas kabel.
·
Guru mempresentasikan langakah kerja
untuk melakukan eksperimen mengamati perunahan bentuk energi.
·
Peserta didik dalam setiap kelompok
melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh
guru.
·
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan
peserta didik apakah sudah dilakuakan dengan benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru
dapat langsung memberikan bimbingan.
·
Peserta didik (dbimbing oleh guru)
mendiskusikan hokum kekekalan energi.
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan
guru mengenai hokum kekekalan energi.
·
Perwakilan peserta didik untuk
menyebutkan bunyi hokum kekekalan energi.
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan energi mekanik.
·
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan perbedaan energi potensial gravitasi dan energi kinetik.
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan
guru menentukan energi potensial dan energi kinetik suatu benda.
·
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan energi potensial dan energi kinetik suatu benda.
·
Guru memberikan beberapa soal menentukan
energi potensial dan energi kinetik suatu benda untuk dikerjakan oleh peserta
didik.
·
Guru mengoreksi jawaban peserta didik
apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat
menjawab dengan benar, maka guru dapat langsung atau melalui peserta didik lain
untuk memberikan bimbingan.
c.
Kegiatan
penutup
·
Guru membimbing peserta didik untuk
membuat rangkuman tentang materi yang sudah dipelajari pada hari ini
·
Guru memberikan reward kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa
latihan soal agar peserta didik lebih menguasai dan memahami materi yang sudah
dipelajari pada hari ini.
PERTEMUAN
KEDUA
a.
Kegiatan
Awal
·
Menyampaikan salam.
·
Menyampaikan acuan tentang materi yang
akan dipelajari pada hari ini.
·
Membuat kaitan dengan materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
·
Memberikan motivasi dan apersepsi
-
Apakah syarat energi mekanik suatu benda
bernilai konstan?
-
Apakah lifter yang mengangkat beban
tergolong malakukan usaha?
b.
Kegiatan
Inti
·
Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok kecil.
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan hokum kekekalan energi mekanik.
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan
guru mengenai hokum kekekalan energi mekanik.
·
Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan syarat energi mekanik suatu benda bernilai konstan.
·
Guru membimbing peserta didik untuk
mendiskusikan pengertian usaha.
·
Peserta didik memperhatikan cara
menentukan rumusan usaha yang dilakukan suatu benda yang disampaikan oleh guru.
·
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan kaitan usaha dan energi.
·
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan perbedaan antara usaha yang bernilai positif dan usaha yang
bernilai negative.
·
Peserta didik mempresentasi hasil
diskusi kelompok.
·
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan usaha yang dilakukan oleh beberapa gaya yang disampaikan guru.
·
Guru memberikan beberapa soal menentukan
usaha yang dilakukan oleh beberapa gaya untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·
Guru mengoreksi jawaban peserta didik
apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat
menjawab dengan benar, guru dapat langsung atau melalui peserta didik lain
untuk memberikan bimbingan.
·
Guru membimbing peserta didik untuk
mendiskusikan pengertian daya.
·
Peserta didik memperhatikan cara
menentukan rumusan daya yang disampaikan oleh guru.
·
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan daya yang dilakukan suatu benda yang disampaikan oleh guru.
·
Guru memberikan beberapa soal menentukan
daya yang dilakukan oleh beberapa gaya untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·
Guru mengoreksi jawaban peserta didik
apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat
menjawab dengan benar, guru dapat langsung atau melalui peserta didik lain
untuk memberikan bimbingan
c.
Kegiatan
penutup
·
Guru membimbing peserta didik untuk
membuat rangkuman tentang materi yang sudah dipelajari pada hari ini
·
Guru memberikan reward kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa
latihan soal agar peserta didik lebih menguasai dan memahami materi yang sudah
dipelajari pada hari ini.
E.
Sumber
belajar
a. Buku
IPA Fisika
b. Buku
referensi yang relevan
c. Alat
dan bahan untuk eksperimen
d.
Lingkungan
F.
Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
-
Tes lisan
-
Tes tertulis
-
Tes untuk kerja
b. Bentuk
Instrumen:
-
Daftar pertanyaan
-
Pilihan gannda (PG)
-
Uraian
-
Isian
c. Contoh
Instrumen:
-
Contoh daftar pertanyaan
Sebutkan bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
-
Contoh tes pilihan ganda (PG)
Seorang atlet angkat berat menyangga beban seberat
700 N dengan tangannya pada ketinggian 2 m. Usaha yang dilakukan atlet itu
adalah …
a. 1.400
J
b. 700
J
c. 350
J
d. nol
-
Contoh tes isian
Energi yang tersimpan dalam benda karena posisinya
terhadap acuan tertentu disebut …
-
Contoh tes uraian
Listrik yang terpasang pada sebuah rumah mempunyai
daya 450 VA. Berapakah energi maksimal yang dapat digunakan oleh pemilik ruamah
selama 1 jam?
Malang,
……………… 2012
Mengetahui,
Kepala
SMP Guru
Fisika
Drs.
Sholikhan, S.Si, M.Pd Muchamad
Munir Cholis, S.Pd
NIP……………………… NIP……………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar